Sabtu, 16 September 2017

METODE INI SANGAT PRAKTIS UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS


Wiku Pulangasih (kiri) bersama sahabatnya di India (kanan)


Wiku Pulangasih, Owner website pendidikan Berkuliah.com - Bahasa Inggris memang bahasa yang paling banyak digunakan sebagai bahasa Internasional. Banyak Universitas, bahkan seperti di Jerman dan Perancis, yang membuka kelas internasional dengan pengantar bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sangat penting untuk Anda kuasai untuk belajar di luar negeri. Namun, banyak juga mahasiswa Indonesia yang datang dengan keberanian dan tekad untuk belajar saja, tanpa memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik. Nah, jika Anda merasa belum mampu berbahasa Inggris dengan baik, jangan merasa kecil hati dan takut untuk lantas sekolah di luar negeri. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

Metode belajar yang paling efektif yang digunakan mahasiswa-mahasiswa Indonesia di India adalah dengan ‘Learning by Doing’, yaitu belajar dengan melakukan. Artinya, metode ini menyarankan cara belajar Bahasa Inggris dengan praktik dan berkomunikasi langsung. Tentunya, Anda pun punya sedikit banyak kemampuan Bahasa Inggris, walaupun itu minim. Penggunaan kemampuan yang ada dan interaksi dengan orang yang tidak bisa Bahasa Indonesia akan memacu kemampuan untuk terus meningkat, karena bahasa adalah kebiasaan. Secara otomatis, Anda akan “terpaksa” berbahasa Inggris dengan orang-orang tersbeut, baik warga lokal maupun mahasiswa asing lainnya. Metode ini efektif, apalagi jika hal ini Anda lakukan setiap hari.

Namun, ada juga resiko belajar dari metode ini, yaitu, pengaruhnya tehadap kinerja di universitas. Jika memang Anda tidak mempunyai kemampuan sama sekali, Anda tentu butuh waktu untuk mempelajarinya. Dari sisi pendidikan, Anda bisa tertinggal pelajaran dari teman Anda yang lain. Ini berdampak pada nilai Anda. Kecuali, jika Anda adalah tipe mahasiswa yang cepat menangkap pelajaran dan bisa mengejar, atau mungkin Anda adalah tipe mahasiswa sistem kebut semalam (SKS).

Tapi perlu diperhatikan, khususnya bagi yang kuliah di universitas dengan sistem ujian per tahun, “Sistem Kebut Semalam” sangat tidak direkomendasikan karena banyaknya materi ujian. Anda harus tetap belajar, walaupun sedikit demi sedikit sepanjang tahun agar ilmu yang Anda pelajari benar-benar Anda pahami. Selain metode Learning by Doing tersebut, Anda juga dapat dengan mudah menadapatkan buku-buku belajar komunikasi bahasa Inggris standar. Buku-buku seperti ini akan membantumu memahami komunikasi-komunikasi standar sehari-hari. Buku seperti ini biasanya menyediakan percakapan di pasar, membeli buku, menyapa teman, menawar, barang, menanyakan nama tempat, dan hal-hal kecil lainnya yang sering dijumpai setiap hari. Bermodalkan buku semacam ini, notebook kecil, dan pulpen, Anda bisa memperbanyak vocabulary setiap hari.

Selain bahasa inggris untuk percakapan sehari-hari, Anda juga harus belajar Bahasa Inggris untuk kegiatan menulis. Karena bahasa pengantar di universitas yang dipakaiadalah bahasa Inggris, otomatis segala kegiatan mencatat, mengerjakan tugas, hingga menulis ujian menggunakan Bahasa Inggris. Pembelajaran grammar dan essay writing sangat penting dianjurkan bagi mahasiswa.

Urutan metode di atas hampir sama dengan apa yang dilakukan oleh semua bayi di dunia. Mereka bisa menguasai bahasa tanpa perlu membaca buku. Langkah yang mereka lakukan pertama kali adalah mendengarkan, kemudian menirukan pengucapannya, setelah itu baru membaca dan menulis. Jadi urutannya adalah Listening> Speaking> Reading> Writing.

Diyakini cara belajar natural ini adalah cara untukmenguasai bahasa asing paling efektif. Selamat mencoba!

Untuk informasi dan konsultasi terkait konsultasi buku Bahasa Inggris ataupun TOEFL silahkan menghubungi kami via:
PHONE : 08993751354
BBM : 5885737C
LINE : @bukutoefl
Website : BukuTOEFL.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar