Sabtu, 16 September 2017

3 ISTILAH INI SERINGKALI TERTUKAR PENGGUNAANNYA



          Apakah Anda pernah mengucapkan suatu kata dalam Bahasa Inggris dan berakhir dengan ditertawakan oleh rekan atau saudara Anda? Jika Anda pernah mengalaminya, tenang saja, Anda tidak sendiri. Karena di Indonesia, Bahasa Inggris adalah bahasa kedua, maka wajar saja jika banyak orang yang sering salah memilih kata dalam menyusun kalimat atau berbicara. Mengutip dari buku Kunci Inggris, berikut ini adalah beberapa kata yang umumnya salah digunakan padahal memiliki makna yang cukup berbeda.

1.      A while vs awhile
Barangkali Anda pernah melihat dua kata ini dan sering menggunakannya. Sekilas kedua kata ini memang mirip dan hanya sedikit berbeda pada penulisannya. Tetapi jika salah menggunakannya, arti kalimatnya akan salah.

Awhile (noun) berarti “sebentar”, jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, atau short spell. Sedangkan A while (adverb) juga berarti “sebentar” tapi berbeda posisi ketika digunakan dalam kalimat, atau for a short spell.

Contoh: - It has been a while since i met Desy.
-          Let’s wait awhile.
Catatan: kata “a while” juga bisa didahului dengan preposisi “for” (e.g., Can i talk for a while?)

2.      Alright vs all right

Pernah menjumpai dua kata di atas? Kedua istilah itu memang sudah tidak asing lagi dan sering digunakan. Tapi tahukah Anda jika banyak kesalahan dalam menggunakan kedua kata ini?
Alright adalah adjective/adverb yang sering digunakan untuk mempersingkat all right. Tetapi, penggunaan itu dianggap tidak memenuhi standar salam Bahasa Inggris, bahkan dianggap salah. Sedankan All right biasa dipakai untuk merespon hal yang positif dan menunjukkan kepuasan, kesetujuan, serta penerimaan.

Contoh:
-What is the food like?
It’s all right.
-Why don’t we go to the movie?
All right.

3.      Desert vs Dessert

Dua kata ini tidak hanya membingungkan dalam pemakaian tetapi juga ketika diatikan. Banyak yang salah mengucapkannya ketika membuat kalimat. Desert berarti “gurun pasir’ atau padang pasir. Dalam Bahasa Inggris, ketika hanya ada satu ‘s’ dalam sebuah kata maka bunyinya sering diucapkan seperti bunyi huruf ‘z’ yaitu ‘de-serd’. Desert juga berarti ‘meninggalkan’ atau ‘abandon’ ketika digunakan sebagai kata kerja. Sementara itu, kata Dessert berarti “makanan penutup” atau “pencuci mulut”, dengan bunyi bacaan “di-zerd”.

Contoh:
-          I wish I could stay in desert.
(Saya berharap dapat menetap di padang pasir.)
-          The house has been deserted by its owners.
(Rumah tersebut sudah ditinggalkan oleh pemiliknya.)
-          What do you want for Dessert?
(Anda ingin apa untuk makanan penutup?)

          Sekian beberapa contoh kata yang sepintas mirip namun seringkali salah digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris. Masih ada banyak lagi contoh istilah-istilah salah yang ditulis dalam buku Kunci Inggris. Jika Anda penasaran kata-kata apa saja yang seringkali digunakan salah dalam Bahasa Inggris, dan ingin segera mempelajarinya, maka jangan menunggu lagi untuk memiliki buku Kunci Inggris. Karena buku ini memuat berbagai tips, pembelajaran, contoh soal, dan pengalaman pembelajar Bahasa Inggris yang akan membuat Anda:
1.      Mampu berbicara dalam Bahasa Inggris (speaking) dengan lancar.
2.      Mampu mengakap pembicaraaan dalam Bahasa Inggris (listening), memahami, dan menjawabnya.
3.      Mampu berkomunikasi secara tertulis, baik itu membaca, (reading) ataupun menulis (writing).
           Dan yang paling menarik dari buku ini adalah, semua materi yang tersedia di dalamnya, dapat anda kuasai dengan cepat dan menyenangkan. Maka tunggu apalagi! Pesan segera dan Anda akan jago berbahasa Inggris!

Untuk konsultasi dan pemesanan lebih lanjut, hubungi kami via:

PHONE : 08993751354
BBM : 5885737C
LINE : @bukutoefl
Website : BukuTOEFL.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar